Kamis, 21 Januari 2021

5 Komoditi yang Diimpor Indonesia dari Singapura

Pada tahun 2019 silam, tercatat bahwa kirim barang dari singapore ke indonesia mencapai angka 46 triliun. Singapura memang memiliki wilayah yang cukup kecil, bahkan luasnya diibaratkan hanya sebesar Jakarta. Meski begitu, negara ini merupakan salah satu yang terkaya di dunia. Berikut beberapa komoditas yang banyak diimpor oleh Indonesia.

 

Komoditi Ekspor Singapura
1. Bahan Sandang
Salah satu yang cukup banyak diimpor Indonesia dari negara Singapura yaitu bahan sandang. Dalam hal ini yang mencakup bahan sandang tersebut, seperti pakaian wanita, pakaian pria, pakaian anak anak, busana khusus, pakaian militer, beberapa jenis aksesori pakaian, dan berbagai pakaian lainnya.


Tidak heran jika di berbagai ecommerce, banyak produk pakaian diperjual belikan yang berasal dari luar negeri. Dimana salah satunya ini berasal dari negara Singapura. Singapura sendiri memang mempunyai produksi pakaian jadi yang cukup tinggi, dan telah hasil produksi tersebut sudah diimpor ke berbagai negara termasuk juga Indonesia.


2. Bidang Pangan
Kirim barang dari Singapore ke Indonesia juga ada pada bidang pangan. Beberapa jenis bahan pangan yang dikirim dari negara tersebut di antaranya kentang, tomat, bawang putih, terong, dan asparagus. Meski volumenya tidak besar, namun benar adanya jika Indonesia mengimpor beberapa bahan pangan dari negara  Singapura.


Hal tersebut untuk sebagian masyarakat dinilai sebagai fenomena yang sedikit lucu. Mengingat bahwa Singapura sendiri sebenarnya masih melakukan impor atas berbagai bahan pangannya. Memang Singapura merupakan satu satunya negara maju di ASEAN, namun mereka tidak mempunyai lahan pertanian memadai.


3. Bidang Otomotif
Indonesia juga telah melakukan impor barang barang di bidang otomotif dari negara Singapura. Produk terkait bidang ini berupa spare parts dari kendaraan bermesin seperti busi, rantai motor, mesin pengganti, ban motor, ban mobil, knalpot, dan lain sebagainya. Hal ini tidak mengherankan, pasalnya Indonesia memang masih banyak melakukan impor mesin.


Termasuk pula dengan berbagai spare part dari mesin tersebut, dimana salah satu negara yang mengimpornya adalah Singapura. Pada tahun 2020 lalu, kirim barang dari Singapore ke Indonesia mencapai angka 156 juta US$ untuk mesin dan perlengkapan elektrik. Sementara untuk mesin dan perlengkapan mekanis mencapai angka 173 juta US$.


4. Bidang Kosmetika
Pada bidang kosmetika, Singapura juga tidak ketinggalan mengimpor beberapa barang ke tanah air. Sebut saja seperti bahan bahan kecantikan herbal, bahan bahan kecantikan sintesis, vitamin kulit, lipstik, bedak lulur atau lotion, eyeliner, hingga silikon. Perlu anda ketahui bahwa saat ini cukup banyak produk kosmetik dari Singapura yang menggunakan bahan organik.


Bahkan banyak juga yang sudah berlabel halal, sehingga bisa digunakan oleh para muslimah. Brand brand ternama tersebut bahkan juga sudah diimpor ke negara negara tetangga, seperti Malaysia dan Brunei. Di berbagai ecommerce sendiri, bisa dengan mudah ditemukan produk produk kosmetik dari negeri merlion tersebut.


5. Bidang Kesehatan
Selain bidang kosmetika, kirim barang dari Singapore ke Indonesia juga ada pada bidang kesehatan. Beberapa produk yang masuk ke dalam bidang ini di antaranya vaksin TBC, vaksin meningitis, vaksin polio, obat obatan sintesis, antibiotik monoklonal, antibiotik sintesis, peralatan kedokteran, insulin, vitamin antibodi, serta vitamin kulit.


Itulah beberapa komoditas yang diimpor Indonesia dari negara Singapura. Di produk produk tersebut, masih ada pula berbagai barang lainnya yang juga didapatkan dari negeri merlion. Indonesia sendiri juga tentunya telah melakukan ekspor untuk beberapa produk ke Singapura. Memang hubungan ekspor impor Indonesia dengan Singapura terjalin cukup baik dalam hal ini.

Lorem ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.